Ya ini sih ga sengaja ya, walaupun emang gue udah punya rencana buat nyelesein trekking kemaren yg belum kelar. Temen gue udah pada gakada waktu dan males, tapi gue masih penasaran karena nanggung jd belum puas gitu deh.
***
Pagi itu seperti biasa ibu gue nyuruh gue olahraga, minimal jalan kaki kemana aja, nah ibu gue sih nyuruhnya jalan ke cileungsi. Berangkatlah gue dengan bekal seadanya namun ditengah perjalanan gue berubah pikiran, karena gue pikir gak seru kalo cuma jalan kaki dipinggir jalan doang. Alhasil cuma ada rel nambo yang ada dipikiran gue karena belum selesai gue telusurin, kebetulan gue ketemu si najib jadi gak perlu jalan kaki sampai jalan raya (lumayan irit tenaga :p).
*ceritanya adegannya di cut sutradara*
oke gue pun mendarat di stasiun cibinong, yes pagi ini i mau trekking sampe pd. rajeg. lumi capenya kalo sampe citayam. ek pun tida tau jalan (ah sudahlah bahasa gue udah mulai kebawa si otong koil ditwitter).
Perjalanan panjang dimulai dari sini...
Aktivitas disekitar rel
Wessel Stasiun Cibinong
Wessel bandul
Papan namanya udah di"amankan" :(
Ini waktu taun kemaren gue kesini
Oh indahnya negeriku...
Banyak sekali aktivitas warga distasiun ini, ini yang membuat gue makin bersemangat buat menyusuri dua batang besi yang membentang bertopang ribuan rusuk beton.
Stasiun Cibinong.
Terus berjalan dan berjalan meskipun cuma sendirian, tapi dengan banyaknya warga yang melintas jadi tetep rame :D bahkan ada yg jemur kerupuk..
Hahaha, seneng liat segala warna-warni masyarakat dinegara ini, persetanlah sama koruptor.
Buat bukti perjalanan...
oke, makin kesana makin sepi, semak belukar juga makin rimbun. Tapi pantang mundur, gue terus melangkah...
Sialan, candid ketauan...
Untung gak ditabok :p
flyover cikaret.
Narsis itu tidak haram
Relnya udah terkubur...
Karena semak-semak makin gak bersahabat, gue terpaksa turun ke pinggiran rel.
Tampak dari kejauhan ada petugas sedang mengukur jalan rel, ini membuat gue penasaran akan kabar-kabur tentang reaktivasi jalur ini yang sama sekali gak ada perkembangan.
Gue pun mencoba bertanya sama salah seorang petugas, ternyata cukup ramah meskipun gue "mengganggu", hehe. Satu jawaban yang membuat gue seneng, yaitu pas gue tanya, "apakah jalur ini akan direaktivasi?" beliau menjawab,"Ya".
Satu jawaban yang benar-benar membuat gue semangat, ya meskipun belum pasti kapan. Tetapi ini pertanda positif bukan?
Selamat bekerja pak!
Yuk jalan lagi...
Pas udah jalan beberapa ratus meter, gue ketemu bapak-bapak, lalu gue tanya stasiun pondok rajeg masih jauh apa ngga. Beliau menjawab, "tuuhhh disitu".
Wah udah deket berarti, tapi kok gak keliatan yah???
Ternyata lintasannya melengkung, haha
Gak berapan lama jalan akhirnya nampak PJL Pondok Rajeg.
Posnya modern udah pake panel surya buat sumber listriknya.
Stasiun Pondok Rajeg.
Sebenernya sih cuma sampe sini rencananya, tapi berhubung gue penasaran sama jembatan yang melintasi diatas sungai ciliwung, lanjut. tar gampang balik lagi. Tapi ditengah jalan gue ketemu bapak-bapak yg sedang jalan direl, kayaknya olahraga juga. yang bertanya arah jalan ke pemda bogor. Setelah gue kasihtau gue pun iseng tanya jarak ke stasiun citayam. Katanya sih lumayan, tapi jalan aja. Nah gue jadi semangat nih. Bablaslah gue ke citayam...
Lapas Pondok Rajeg
Memasuki Jembatan Ciliwung
Narsis
Bikin penasaran pengen turun...
Secara konstruksi jembatan ini sama dengan jembatan dinambo.
Pas udah manjat setengah tangga, gue baru ngeh pelindungnya udah ngga. Mendadak parno dah -___-
Pelindung hilang
Rel gongsolnya pun tak luput digondol tikus kepala item.
Rel dipotong.
Pagar jembatan pun tak luput "diamankan"
Ini kayak bekas Pos Perlintasan tapi gak ada bekas palangnya. Jalannya pun hanya tanah.
Jembatan yang melintang diatas rel
Jembatan entah jalan raya apa
Gue ketemu bapak-bapak yang sedang mencari rumput, gue tanya jarak ke citayam. katanya paling 1,5km lg (Y)
Ini kayak wessel tapi kok gak bercabang? *bingung*
Sayup terdengar suara "gujes-gujes", gue pun kegirangan. Tampak pula dari jauh kabel LAA untuk KRL...
Makin nampak...
Nampak kereta dari kejauhan...
Jalur hidup dan jalur mati
Akhir perjalanan...
Antara LELAH dan GEMBIRA....
Congratulation! buat diri gue sendiri. Hahahahaha :D
***
Pagi itu seperti biasa ibu gue nyuruh gue olahraga, minimal jalan kaki kemana aja, nah ibu gue sih nyuruhnya jalan ke cileungsi. Berangkatlah gue dengan bekal seadanya namun ditengah perjalanan gue berubah pikiran, karena gue pikir gak seru kalo cuma jalan kaki dipinggir jalan doang. Alhasil cuma ada rel nambo yang ada dipikiran gue karena belum selesai gue telusurin, kebetulan gue ketemu si najib jadi gak perlu jalan kaki sampai jalan raya (lumayan irit tenaga :p).
*ceritanya adegannya di cut sutradara*
oke gue pun mendarat di stasiun cibinong, yes pagi ini i mau trekking sampe pd. rajeg. lumi capenya kalo sampe citayam. ek pun tida tau jalan (ah sudahlah bahasa gue udah mulai kebawa si otong koil ditwitter).
Perjalanan panjang dimulai dari sini...
Aktivitas disekitar rel
Wessel Stasiun Cibinong
Wessel bandul
Papan namanya udah di"amankan" :(
Ini waktu taun kemaren gue kesini
Oh indahnya negeriku...
Banyak sekali aktivitas warga distasiun ini, ini yang membuat gue makin bersemangat buat menyusuri dua batang besi yang membentang bertopang ribuan rusuk beton.
Stasiun Cibinong.
Terus berjalan dan berjalan meskipun cuma sendirian, tapi dengan banyaknya warga yang melintas jadi tetep rame :D bahkan ada yg jemur kerupuk..
Hahaha, seneng liat segala warna-warni masyarakat dinegara ini, persetanlah sama koruptor.
Buat bukti perjalanan...
"Gak ada kamera digital, ponsel pun jadi. gak ada tripod, bekas tiang sinyal pun jadi"
oke, makin kesana makin sepi, semak belukar juga makin rimbun. Tapi pantang mundur, gue terus melangkah...
"Dimana sepur berpijak, disitulah apem dijunjung"
Sialan, candid ketauan...
Untung gak ditabok :p
flyover cikaret.
Narsis itu tidak haram
Relnya udah terkubur...
Karena semak-semak makin gak bersahabat, gue terpaksa turun ke pinggiran rel.
Tampak dari kejauhan ada petugas sedang mengukur jalan rel, ini membuat gue penasaran akan kabar-kabur tentang reaktivasi jalur ini yang sama sekali gak ada perkembangan.
Gue pun mencoba bertanya sama salah seorang petugas, ternyata cukup ramah meskipun gue "mengganggu", hehe. Satu jawaban yang membuat gue seneng, yaitu pas gue tanya, "apakah jalur ini akan direaktivasi?" beliau menjawab,"Ya".
Satu jawaban yang benar-benar membuat gue semangat, ya meskipun belum pasti kapan. Tetapi ini pertanda positif bukan?
Selamat bekerja pak!
Yuk jalan lagi...
Pas udah jalan beberapa ratus meter, gue ketemu bapak-bapak, lalu gue tanya stasiun pondok rajeg masih jauh apa ngga. Beliau menjawab, "tuuhhh disitu".
Wah udah deket berarti, tapi kok gak keliatan yah???
Ternyata lintasannya melengkung, haha
Gak berapan lama jalan akhirnya nampak PJL Pondok Rajeg.
Posnya modern udah pake panel surya buat sumber listriknya.
Stasiun Pondok Rajeg.
Sebenernya sih cuma sampe sini rencananya, tapi berhubung gue penasaran sama jembatan yang melintasi diatas sungai ciliwung, lanjut. tar gampang balik lagi. Tapi ditengah jalan gue ketemu bapak-bapak yg sedang jalan direl, kayaknya olahraga juga. yang bertanya arah jalan ke pemda bogor. Setelah gue kasihtau gue pun iseng tanya jarak ke stasiun citayam. Katanya sih lumayan, tapi jalan aja. Nah gue jadi semangat nih. Bablaslah gue ke citayam...
Lapas Pondok Rajeg
Memasuki Jembatan Ciliwung
Narsis
Bikin penasaran pengen turun...
Secara konstruksi jembatan ini sama dengan jembatan dinambo.
Pas udah manjat setengah tangga, gue baru ngeh pelindungnya udah ngga. Mendadak parno dah -___-
Pelindung hilang
Rel gongsolnya pun tak luput digondol tikus kepala item.
Rel dipotong.
Pagar jembatan pun tak luput "diamankan"
Ini kayak bekas Pos Perlintasan tapi gak ada bekas palangnya. Jalannya pun hanya tanah.
Jembatan yang melintang diatas rel
Jembatan entah jalan raya apa
Gue ketemu bapak-bapak yang sedang mencari rumput, gue tanya jarak ke citayam. katanya paling 1,5km lg (Y)
Ini kayak wessel tapi kok gak bercabang? *bingung*
Sayup terdengar suara "gujes-gujes", gue pun kegirangan. Tampak pula dari jauh kabel LAA untuk KRL...
Makin nampak...
Nampak kereta dari kejauhan...
Jalur hidup dan jalur mati
Akhir perjalanan...
Antara LELAH dan GEMBIRA....
Congratulation! buat diri gue sendiri. Hahahahaha :D
Waaaaaahhhhhh Anda penggemar kereta api secara utuh ya. Salut! Sampai rela trekking! Saran: kalau belum kuliah, ambil kuliah di Jerman aja ambil Ingenieur (Insinyur) jurusan Verkehrswessen (Ilmu Transportasi) spesialisasi Eisenbahnwessen (Ilmu Perkeretaapian), pasti mantap dah ke depannya buat masa depan Indonesia.
BalasHapusTrims sudah mampir, dari kecil sudah nyaman naik moda transportasi yg satu ini :) wah, sayang saya sudah kuliah di teknik informatika. ya cukuplah menikmati kereta api hanya sebagai hobi :)
HapusWah hebat >.<
BalasHapusGak ada salahnya untuk S2 tetep ke Jerman ...
BalasHapus(maksa beud ... xixixi)
kalo liat keadaan jalurnya yg masih bagus mending buat LORI-LORIAN aja gan, bermodalkan mesin kompresi 2 tak atau mesin babat, trus rangkanya bikin sendiri dan rodanya bisa dibubut.... seruuu kan..?? :D
BalasHapusSekarang jalur Nambo sudah hidup kembali dengan adanya KA Semen. Laporan blusukannya bagus, rumah saya tidak jauh dari jalur Nambo-Cibinong-Citayam.
BalasHapusTerima kasih semua atas komentarnya :) bagi yang punya info terbaru tentang jalur ini mohon di share. Soalnya saya sekarang jauh dari pulau jawa :D
BalasHapusnice blog,sedikit ada pencerahan tentang jalur ini walaupun sudah telat.
BalasHapusemang skrg pindah ke mana?
Sekarang saya berdinas di kepulauan Riau :)
HapusTempat kenangan (st.Nambo November 2011) https://irfanarrasyid5.blogspot.com/2017/08/storywithgirl-firsl-love-nambo.html?m=1
BalasHapus